Pada hari Kamis, 7 November 2019, Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM Fasilkom UI kembali menyelenggarakan proker Dorakula. Dorakula, singkatan dari “Donor Darah Abis Kuliah”, adalah kegiatan donor darah dan medical check-up gratis yang diadakan di tiap semester.

Salah satu peserta melakukan medical check-up

Alur yang harus dilalui peserta yang ingin menjadi pendonor dimulai dengan melakukan registrasi melalui website dan datang ke meja registrasi. Kemudian peserta akan melakukan pemeriksaan kesehatan. Setelah dirasa cukup sehat, peserta kemudian diizinkan untuk melakukan pendonoran darah. Para pendonor diwajibkan untuk mempersiapkan diri dengan cara tidur cukup (lebih dari 6 jam) dan tidak begadang, memakan sayuran kaya zat besi, dan sudah makan dalam jangka waktu 2-3 jam sebelumnya.

Para peserta saat diambil darahnya

Kegiatan Dorakula berjalan dengan lancar. Peserta-peserta yang telah selesai mendonorkan darahnya disuguhi kue-kue dan minuman gratis. Kegiatan Dorakula mampu menjadi wadah bagi para elemen fasilkom maupun elemen lainnya yang ingin menyumbangkan darahnya secara mudah.

X