Evaluasi Paruh Tahun BEM Fasilkom UI 2017

Evaluasi Paruh Tahun BEM Fasilkom UI 2017

Evaluasi Paruh Tahun (EPT) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia merupakan sebuah acara yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja organisasi BEM Fasilkom UI selama enam bulan pertama. Diselenggarakan oleh Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia, EPT tahun ini diselenggarakan pada tanggal 4 – 5 Juni 2017 di Fiesta House, Depok, Jawa Barat.

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pembukaan dan juga doa dari Ketua dan Wakil Ketua BEM Fasilkom UI 2017, Farhan Farasdak dan Alvin Wardhana. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Penanggung Jawab acara EPT, Alvin Abyan. Alvin mengucapkan terima kasih dan berharap EPT dapat berjalan dengan baik.

Sambutan dari Ketua dan Wakil Ketua BEM Fasilkom UI 2017

Sambutan dari PJ EPT BEM Fasilkom UI 2017

Acara selanjutnya merupakan evaluasi masing-masing bidang, dengan Farhan dan Alvin sebagai moderator. Evaluasi dilaksanakan selama 25 menit untuk satu bidang. Suatu bidang menjelaskan apa yang telah dilakukan bidang itu selama enam bulan kebelakang, dan kemudian di evaluasi oleh anggota BEM.

Yang pertama di evaluasi merupakan Bidang Internal, yang terdiri atas Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Biro Pengembangan Teknologi Informasi (PTI), dan Biro Kesekretariatan (Kestari). Pemaparan secara umum diwakili oleh Azelea Chairunnisa (Azel) sebagai Koordinator Bidang Internal, dan penjelasan detail mengenai program kerja dan hasil kerja diwakili oleh Hadyan Ahmad Farizi (Dion) untuk PSDM, Ricky Kurniawan (Ricky) untuk PTI, dan Nurdela Ardiansyah (Dela) untuk Kestari. Bidang selanjutnya merupakan Bidang Sosial Politik, yang terdiri atas Departemen Kajian Aksi dan Strategis (Kastrat) dan Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Muchamad Lutfi Maulana (Lutfi) sebagai Koordinator Bidang Sosial Politik memaparkan garis besar kinerja bidang, kemudian detail dijelaskan oleh Ibrahim (Ibam) untuk Pengmas dan Alan Novaldi (Alan) untuk Kastrat. Evaluasi kemudian direhat sejenak untuk pelaksanaan shalat Ashar.

Sesi Evaluasi

Acara dilanjutkan kembali dengan evaluasi Bidang Relasi, yang terdiri atas Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Biro Media. Pemaparan umum diwakili oleh Ivana Putri (Puput), dan penjelasan detail oleh Alif Fadila S. (Alif) untuk Humas, dan Luthfi Sulaiman (Luthfi) untuk Media. Setelah itu ada evaluasi Bidang Kesejahteraan Masyarakat, yang terdiri atas Departemen Akademis dan Kepemimpinan (Akpem) dan Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma). M. Sabiq Danurrohman (Sabiq) menjelaskan secara umum kinerja Bidang Kesejahteraan Masyarakat, dan detailnya oleh Hafizh Rafizal Adnan (Hafizh) untuk Akpem, dan Redita Liskiyari (Redit) untuk Adkesma.

Bidang Keuangan adalah yang selanjutnya, yang terdiri atas Biro Bisnis dan Kemitraan. Pemaparan umum dilakukan oleh Siti Ina Sakinah (Ina) sebagai Controller, dan penjelasan detail mengenai apa yang telah dilakukan Bismit dilakukan oleh Aminur Muda (Amin). Kemudian evaluasi Bidang Minat Bakat, yang terdiri atas Departemen Olahraga (Depor), Departemen Seni Budaya (Senbud), dan Departemen Keilmuan. Tengku Huday Ilahi (Huday) menjelaskan secara umum kinerja Bidang Minat Bakat, kemudian dilengkapi oleh Aditya Arya Hendrady (Cacing) untuk Depor, Faisal Satrio Priatmadji (Faisal) untuk Senbud, dan Fadzil Rizki untuk Keilmuan. Acara kemudian direhat kembali, dan mempersilahkan peserta untuk berbuka puasa, melakukan shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih.

Evaluasi dilanjutkan dengan Kontrol Internal (KI). Pemaparan dilakukan oleh Fathya Afifah sebagai Koordinator KI, dan menjelaskan mengenai pekerjaan dan perkembangan Kontrol Internal.

Terakhir, diadakan evaluasi Ketua, Wakil Ketua, dan BEM secara keseluruhan. Dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua BEM Fasilkom UI 2017, Farhan dan Alvin, peserta diinstruksikan untuk menuliskan evaluasi akan Ketua, Wakil Ketua, dan BEM secara keseluruhan di kertas tersebut.

Setelah sesi evaluasi, acara dilanjutkan dengan Angket dan Appraisal dari PSDM. Beberapa pemenang dari angket adalah : Faraya Agatha Putri – Aditya Rizki (Terlihat Sama), Ivana Putri (Terikat Di Rubem), Farhan Farasdak (Terpana Ku Melihatmu), Yumna Pratista (Terharu Ku Mendengarmu), Selina Maurizka – Mammamia (Tak Terpisahkan), M. Zidane Zaffar (Terampil), Ricky Kurniawan (Terglodok), Aditya Arya – Terbakar Matahari, Munadia Rahma Hanifa – Teraweh, Luthfi Ferdian (Tebar Pesona), M. Sabiq Danurrohman (Terangkanlah), dan Bahy Helmi – Teroris.

Ada juga pengumuman Best Staff untuk tiap Biro / Departemen, yaitu : Adyanissa F. Kirana (Media), Zhelia Alifa (Humas), Alverio Yosephine Kurtinus (Akpem), Zaki Raihan (Adkesma), Indra Septama (Kastrat), Yumna Pratista (Pengmas), Kevin Prakasa (PTI), Bagas Irwansyah (Kestari), Rafif Iqbal Shahputra (Bismit), Teresa Prima T. P. (Keilmuan), Irfani Ramadianti (Senbud), Kianutama Radianur (Depor), Clarissa Nuralifa (KI), dan Anisha Inas (PSDM).

Para Best Staff BEM Fasilkom UI 2017

Acara kemudian dilanjutkan dengen pemberian Kontrol Internal Awards (KI Awards), sebuah penghargaan sebagai bentuk apresiasi perjuangan biro/departemen selama enam bulan terakhir. Peraih penghargaan Breakthrough jatuh kepada Biro Pengembangan Teknologi Informasi (PTI), dan pemenang pertama KI Awards Triwulan pertama jatuh kepada Biro Media.

Biro PTI sebagai pemenang penghargaan Breakthrough

Biro Media sebagai Pemenang KI Awards Triwulan Pertama

Acara selanjutnya merupakan deep sharing biro/departemen. Deep sharing ini berlanjut sampai waktu sahur. Setelah sahur para peserta melaksanakan shalat Subuh. Rangkaian acara terakhir merupakan pemutaran video Rekam Jejak yang dibuat oleh Biro Media. Video rekam jejak merupakan video perjalanan acara-acara BEM Fasilkom UI selama enam bulan kebelakang. Setelah itu EPT BEM Fasilkom UI 2017 resmi berakhir.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X