Pada hari Kamis, 12 Maret 2016 telah dilaksanakan Grand Launching dari event IT terbesar Indonesia yang diselenggarakan oleh Mahasiwa. Event ini adalah Computer Festival 8 atau biasa dikenal dengan Compfest 8. Tahun 2016 merupakan penyelenggaraan Computer Festival ke 8 dalam sejarah. Acara yang bertujuan untuk mengenalkan rakyat Indonesia mengenai IT ini melakukan Grand Launching di Fasilkom UI.

Acara dibuka pada pukul 12.00 dalam acara Musik Kantin, yang biasa diselenggarakan setiap hari Kamis siang, pada Kamis ini Musik Kantin didedikasikan sepenuhnya untuk acara Grand Launching. Pertama, diadakan pembukaan dari MC, dilanjutkan oleh sambutan dari PO Compfest 8, Ketua BEM Fasilkom UI Muhammad Gibran, dan perwakilan dari Dekanat.

Countdown (Dok. : Luthfi)

Countdown (Dok. : Luthfi)

Dentuman petasan dari panitia menyambut dibukanya Grand Launching Compfest 8 (Dok.: Luthfi)

Dentuman petasan dari panitia menyambut dibukanya Grand Launching Compfest 8 (Dok.: Luthfi)

Kemudian diadakan hitung mundur oleh MC, acara pun secara resmi telah dibuka, disemarakkan dengan dentuman petasan dan suara gitar oleh para panitia lain. Acara dilanjutkan dengan pembawaan jingle Compfest. Jingle yang dibawakan oleh panitia Compfest sebagai vokalis dan pembawa musik latar ini berhasil menarik perhatian orang-orang yang sedang melakukan makan siang di sekitar tempat tersebut. Setelah jingle, dilakukan persembahan dari Compfest 8 Ensemble, grup musik yang membawakan lagu-lagu menarik di acara Grand Launching ini.

Setelahnya pembukaan pada acara Musik Kantin ditutup, tetapi Grand Launching masih terus berlanjut. MC mengarahkan peserta untuk dapat mengikuti Mini-playground. Mini-Playground ini merupakan versi kecil dari playground yang akan ada dalam acara inti Compfest, dimana peserta dapat mengunjungi stand-stand dan mengumpulkan stiker. Stiker ini kemudian dapat digunakan untuk menukar hadiah-hadiah menarik. Sedangkan stand-stand yang tersedia juga tidak kalah menarik, ada stand dari UNJ, Binus, stand games VR, Ulaskom, yang melakukan kompetisi unboxing berhadiah keyboard mechanical, dan juga stand Compfest. Berbagai macam kalangan dengan ramai memenuhi Mini-Playground dengan antusias.

IT Seminar (Dok. : Luthfi)

IT Seminar (Dok. : Luthfi)

Selain Mini-Playground, pada hari itu juga diadakan IT Seminar dengan tajuk Entrepreneur Shortcourse : Supercharge Your Organization through Digital Marketing. Acara ini diadakan oleh Compfest dengan kerjasama dari Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia. Seminar ini dibawakan oleh Rahmat Harlaydi, sebagai Vice President of Marketing DailySocial. Seminar ini bertempat di Aula Fasilkom UI, dan dihadiri oleh peserta yang telah terdaftar sebagai RSVP maupun OTS. Acara berlangsung dengan inovatif dan menarik.

Setelah Mini-Playground dan IT Seminar selesai, di Aula Fasilkom UI diadakan hiburan dari Tommy Toar (Juara Stand Up Comedy Competition dari UIAW 2015) dan Hafiz (Stand Up Comedian Kompas TV). Kemudian diadakan juga pembagian hadiah berupa Keyboard Mechanical Logitech G610 kepada pemenang Unboxing Video Competition yaitu Andrew Satyadharma dan Achmad Firdaus Adinegoro. Terakhir, diadakan persembahan Band dari Ruang Dua (Mentor Band dari UIAW 2015). Setelahnya acara ditutup dengan MC. (Daus)

X