KARYA SBF: Pentingnya Solidarisme

Hah, apaan sih solid? Lawannya Liquid? Apa temennya gas?

so·lid a kuat; kukuh; berbobot: organisasi itu terkenal sebagai organisasi yang solid.
Mari berbicara serius mengenai kata solid. Nah, apa tuh solid ? solidnya itu dalam hal solidarisme ya 🙂

Kata solidarisme itu sudah sering gue denger sejak dulu gue SD dan itu kata tersebut terus gue dengar hingga gue saat ini di jenjang perkuliahan. Solidarisme adalah perasaan untuk peduli terhadap sesama dan menjadikan kepentingan semua pihak menjadi kepentingan bersama.

Gue mulai sadar pada saat ini di dunia perkuliahan makna kata solidarisme itu sudah mulai berkurang. Di perkuliahan semua orang sibuk dengan persoalannya masing-masing dan mulai munculnya sikap-sikap individualis yaitu sikap mementingkan kepentingan dirinya sendiri dibanding orang lain dan terkadang kurang mempedulikan orang lain.

Manusia sendiri merupakan makhluk sosial. Nah, sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Semua manusia tidak mungkin tidak memerlukan bantuan orang lain dalam hidupnya.

Kata solidarisme itu penting untuk memenuhi kebutuhan manusia. Yaitu, kebutuhannya sebagai makhluk sosial (bersosial, saling membantu, dan saling peduli terhadap sesama).

Sikap individualis itu seharusnya ditinggalkan dari diri kita. Walaupun, lu seorang pejabat besar, seorang pegawai, seorang pelajar, seorang mahasiswa, dan (berbagai jabatan lainnya) kita itu pasti memerlukan bantuan orang lain. Semua orang hebat tidak mungkin sukses tanpa bantuan orang lain.

Intinya dari omongan gue adalah dalam hidup ini, IT’S NOT ALL ABOUT YOU. Memang di hidup lu adalah milik diri lu dan lu bebas melakukan hal yang lu mau, tapi kepentingan lu jangan mengganggu kepentingan orang lain juga. Semua orang harus mempedulikan lingkungan sekitarnya apabila ingin berhasil dalam hidup. Dengan solidarisme maka kita semua dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk sosial dan dengan solidarisme yaitu dengan rasa peduli terhadap sesama maka pasti kita semua akan sukses di kedepannya.

 

Faiz Fadhillah
Ilmu Komputer 2017
1706027515

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X