Pada Tanggal 13 Agustus 2020, tepat di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS), Departemen Kastrat BEM Fasilkom UI telah mengadakan webinar pada platform zoom dengan topik “Memperingati HAKTEKNAS : Apa Kabar RUU PDP?”. Pada tahun 2020, salah satu Rancangan Undang-undang yang masuk pada prolegnas prioritas adalah RUU PDP. RUU PDP hadir sebagai instrumen hukum yang mampu menjawab keresahan masyarakat akan data pribadi seseorang yang mudah untuk dipersalahgunakan di era yang serba digital. Ditambah dengan adanya situasi pandemi yang menyebabkan masyarakat menggunakan kecanggihan teknologi dan internet jauh lebih sering dibanding biasanya. Hal ini berimplikasi pada peningkatan lalu lintas data yang terjadi. Kasus-kasus kebocoran dan jual-beli data kerap kali muncul di media berita. Oleh karena itu, Keberadaan dari RUU PDP ini diharapkan mampu melindungi data pribadi masyarakat dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Pada awal rangkaian acara webinar, Andhika Rifki A (Staff Departemen Kastrat BEM Fasilkom UI) selaku MC menyambut para peserta, moderator, dan narasumber yang telah bergabung pada zoom meeting. Saudara Andhika menjelaskan tentang rangkain Acara dan tata tertib yang berlaku selama rangkaian acara berlangsung. Setelah dibuka oleh saudara Andhika, acara dipimpin oleh moderator yaitu saudara Hidayatul Fikri (Ketua DPM Fasilkom UI 2020 dan Founder Warkop Makara). 

Sesi pertama diawali dengan pemaparan Oleh Researcher Tata Kelola Internet dan Kebebasan Ekspresi ELSAM, Blandina Lintang Setianti, S.H. yang memperkenalkan kita tentang apa itu data pribadi serta urgensinya di kehidupan kita sehari hari. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Pakar Hukum Telematika. Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. membahas kabar dari Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang tak kunjung dibahas Oleh DPR.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sebagai wadah para peserta dan narasumber untuk saling berdiskusi. Sesi acara tanya jawab yang dimoderatori oleh saudara Datul berlangsung dengan seru dan rapi. Diharapkan melalui Webinar Kali ini dapat meningkatkan awareness kita terhadap pentingnya melindungi data pribadi kita. Jika anda ingin menyaksikan kembali webinar ini secara lengkap anda dapat mengunjungi youtube BEM Fasilkom UI.

Media Partner:

  1. Himpunan Mahasiswa Departemen Geosains FMIPA UI
  2.  Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika DMIPA UI
  3. Ikatan Mahasiswa Elektro FT UI
  4.  Ikatan Mahasiswa Teknik Industri
X