Obrolan Santai : Bagaimana Kabarmu, Gedungku?

Obrolan Santai : Bagaimana Kabarmu, Gedungku?

Obrolan Santai, atau yang biasa disingkat sebagai OS, adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh Departemen Kajian Aksi dan Strategis BEM Fasilkom UI. Acara ini bertujuan untuk membahas isu-isu sosial politik terkini yang ada di Indonesia.

OS kali ini mengusung tema “Bagaimana Kabarmu, Gedungku?”, yang diadakan pada tanggal 3 Mei 2017. Narasumber yang diundang adalah Rico Novianto, yang menjabat sebagai anggota MWA UI UM 2017.

Acara dimulai pada jam 7 malam dengan pembacaan doa. Kemudian para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersamaan.

Pembahasan dimulai oleh Rico dengan pemaparan Masterplan Universitas Indonesia. Rico menjelaskan bahwa semenjak tahun 2008, Masterplan ini masih banyak yang belum berjalan maupun on progress. Bangunan yang direncanakan untuk dibangun adalah boulevard, rumah sakit, FIK, Fakultas Keperawatan, asrama, Fasilkom, hotel dan pusat pertemuan, dll. Rico berkata bahwa mayoritas belom terlaksanakan dikarenakan perizinan.

Rico kemudian memaparkan lebih lanjut mengenai permasalahan Gedung Baru Fasilkom UI. Permasalahan utama yang timbul adalah pertama, IMB Zona I dan II belum ada. Kedua, surat dari kementerian PU tentang rancangan anggaran belum ada. Pada tahun 2012 juga terjadi korupsi oleh rektor, sehingga penurunan uang menjadi lebih lama. Tetapi, kabar baiknya adalah akan terjadi lelang gedung dalam waktu dekat ini. Rico kemudian menutup sesi pemaparan dengan penjelasan hal-hal apa yang harus dilakukan agar pembangunan dapat berlanjut.

Pemaparan Masterplan UI

Setelah sesi pembahasan, dibuka sesi tanya jawab. Ada banyak pertanyaan yang diajukan, salah satunya adalah mengenai berapa lama waktu yang akan diambil hingga gedung jadi. Rico berkata bahwa hal itu belum clear, maka dari itu lelang gedung harus dikawal karena hasil lelang gedung lah yang akan menentukan kapan selesai. Ada juga yang menanyakan jika gedung baru sudah jadi dan semua sistem direlokasi, apakah yang akan terjadi pada gedung lama. Rico menjawab area gedung lama akan menjadi area rektorat, dan gedung lama akan digunakan sebagai data center UI.

Setelah sesi tanya jawab, Rico memberikan closing statement yang menyatakan bahwa kita sebagai mahasiswa sebaiknya mengawal pembangunan pembangunan tersebut agar tidak berhenti lagi.

OS kemudian ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Rico dari BEM Fasikom UI 2017, dan juga pembacaan doa.

Pemberian Penghargaan dari BEM Fasilkom UI 2017

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X