DEPARTEMEN PENGABDIAN MASYARAKAT

Departemen Pengmas merupakan sebuah departemen yang memiliki kewajiban untuk peduli, cepat tanggap, solutif, dan aktif terhadap isu sosial masyarakat. Departemen Pengmas berperan menjadi agen dalam menimbulkan rasa peduli serta tanggap mahasiswa Fasilkom UI terhadap isu sosial masyarakat dalam tingkat fakultas, universitas, ataupun nasional.
Anggota

Kepala Departemen

Alya Azhar Agharid

Deputi

Muhammad Tarreq Maulana

Marcelinus Gerardo Ari Nugroho

Staf

Ahmad Hanif Adisetya

Aulia Najwa Salsabila

Fachry Anwar Hamsyana

Ied Mubaraque Sultan Salahuddine El Ayyubie

Made Indri Maharani Natiadewi

Mazaya Nur Labiba

Muhamad Rizky Ramadhan

Rahmat Bryan Naufa

 

Program Kerja

BIMBINGAN BELAJAR GRATIS (BETIS)

Kegiatan ini adalah kegiatan yang berbasis lingkup pengabdian masyarakat yang diadakan oleh BEM Fasilkom UI 2021 untuk menyediakan bimbingan belajar gratis kepada siswa SMA kelas 3 maupun alumni dalam rangka mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Produknya berupa fasilitas berupa modul pembelajaran, pembelajaran kelas daring, seminar untuk pengajar, mentor, dan peserta, hingga responsive website yang mudah diakses untuk menunjang kegiatan pembelajaran peserta seperti diadakannya Try Out untuk lebih mempersiapkan peserta dalam menempuh ujian masuk PTN.

Pengabdian Case (PC)

Kompetisi Business IT Social Case sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang
memaksimalkan minat dan potensi mahasiswa Fasilkom UI untuk
menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dan membutuhkan
solusi IT untuk pemecahannya.

SBF Pengmas

Memperkenalkan program kerja Pengabdian Masyarakat serta lingkungan kerja Pengabdian Masyarakat kepada mahasiswa baru.

FASILKOM PEDULI (FASPED)

Publikasi konten mengenai isu sosial masyarakat yang sedang terjadi, pengangkatan hari-hari besar sosial kemasyarakatan, dan penyaluran donasi terhadap elemen yang mengalami musibah.

PEDULI ADIK ASUH (PEDAS)

Peduli Adik Asuh (PEDAS) merupakan wadah bagi IKM Fasilkom UI, Dosen, dan Alumni Fasilkom UI untuk membantu anak-anak elemen non-mahasiswa berbentuk donasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

SOSPRO (Social Project)

Wadah bagi mahasiswa baru Fasilkom UI untuk mengenal bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan IT. Pada Sospro kali ini, mahasiswa baru diharapkan dapat melakukan problem solving mengenai suatu topik yang dipilih dari pilihan yang diberikan. Hasil dari problem solving yang berupa ide pembuatan sebuah platform yang bermanfaat, lalu dijadikan sebuah infografis yang diunggah ke media sosial seperti Instagram. Problem solving meliputi identifikasi masalah, solusi, dan lain-lain.

Socie Act

Kegiatan pengabdian secara langsung dalam bentuk kegiatan berbagi
kebahagiaan, penyuluhan, dan pencerdasan kepada masyarakat sekitar yang
melibatkan mahasiswa Fasilkom UI.

X