Rapat Terbuka Seputar Akademis : Masalah Terkait Pengisian IRS 2017

Rapat Terbuka Seputar Akademis : Masalah Terkait Pengisian IRS 2017

Telah kita lewati suatu tahap penting dalam masa perkuliahan yaitu tahap pengisian IRS atau yang biasa kita sebut SIAK War pada tanggal 1 Agustus 2017 yang lalu. Terkait dengan munculnya permasalahan-permasalahan registrasi akademis, Dekanat Fasilkom UI mengajak mahasiswa Fasilkom UI untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat mengenai hal-hal tersebut dalam suatu rapat terbuka pada tanggal 8 Agustus 2017 kemarin.

Rapat terbuka ini dimulai pada pukul 13.00 WIB, di Ruang Rapat Besar gedung A lantai 2. Rapat terbuka ini dihadiri oleh Ibu Mirna Adriani, Bapak Ari Wibisono, Bapak Wisnu Jatmiko, Ibu Siti Aminah, Bapak Achmad Nizar, dan Bapak Petrus Mursanto.

Ibu Siti Aminah mengklarifikasi bahwa dari 3 semester terakhir, pengisian IRS dapat dilakukan sebelum melakukan pembayaran BOP untuk mengurangi terjadinya kasus terkenanya denda. Namun hal ini belum dapat menyelesaikan masalah-masalah lainnya yang terjadi saat pengisian IRS. “Setiap tahun kendalanya berbeda. Walaupun sudah mengusulkan ke DSTI, usulan tersebut belum tentu diproses,” ujar Ibu Mirna Adriani. Selain itu, Ibu Siti Aminah mengatakan bahwa wewenang dari fakultas itu terbatas, untuk mata kuliah yang berada di tingkat UI diurus oleh DSTI.

Suasana saat Rapat Terbuka Seputar Akademis

Salah satu kendala yang sering kali terjadi adalah server down. Kendala server down juga dapat menyebabkan tidak sinkron-nya sistem dengan BankPak Ari menyampaikan bahwa keadaan seperti ini biasanya terjadi di luar dugaan sebagai dampak dari mati lampu dan server mengalami slow start. Hal seperti ini juga dihindari dengan dilakukannya perbaikan secara berkala, namun sebenarnya masalah server down bukanlah sumber permasalahan.

Salah satu permasalahan lain yang terjadi adalah adanya mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang belum saatnya untuk diambil. Karena kapasitas kelas yang disediakan telah disesuaikan dengan banyaknya mahasiswa yang memang seharusnya mengambil dan diprioritaskan untuk mengambil mata kuliah tersebut. Padahal Fakultas belum tentu bisa mengakomodasikan kelas lanjutan untuk mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang belum saatnya untuk diambil. Pemasalahan lainnya yang menyangkut masalah kapasitas kelas adalah masalah preferensi terkait dosen, jadwal, dan mata kuliah. Hal ini menyebabkan over-capacity pada suatu kelas tertentu.

 

Masalah masalah yang terkait dengan pengisian IRS tentu dapat diselesaikan dengan baik. “Semua unit Fasilkom akan mencari solusi terbaik dari masalah-masalah yang ada,” ujar Ibu Mirna Adriani.

Suasana saat Rapat Terbuka Seputar Akademis

Tentunya, solusi pasti diharapkan. Pihak dekanat memiliki solusi jangka panjang untuk menciptakan sistem internal Fasilkom yang terintegrasi dengan SIAK. Namun dalam perjalanannya, dibutuhkan pula solusi sementara dari masalah-masalah yang ada. Oleh karena itu, kedepannya BEM Fasilkom akan mengeluarkan rilis dan survey terkait berbagai opsi pelaksanaan pengisian IRS mendatang beserta kekurangan dan kelebihan dari poin tersebut secara objektif. Hal tersebut diperlukan untuk penyamaan frekuensi antara mahasiswa dengan dekanat tentang apapun pilihan yang nanti diambil, kedua belah pihak telah mengetahui risiko dari setiap pilihannya dalam pelaksanaan IRS mendatang.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X