Sekolah Volunteer 2017

Sekolah Volunteer 2017

Telah diselenggarakan acara Sekolah Volunteer oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (Pengmas) BEM Fasilkom UI 2017. Acara ini diselenggarakan selama hari Sabtu dan Minggu, tanggal 6 sampai 7 Agustus 2017.

Sekolah Volunteer bertujuan untuk menambah ilmu, menambah pengalaman, dan juga mempertemukan orang orang yang memilki minat pada dunia sosial kemasyarakatan.

Rangkaian pertama adalah ice breaking dan perkenalan antara peserta. Kemudian peserta dipersilahkan untuk istirahat, sholat Dzuhur, dan makan. Setelah selesai, acara berlanjut ke presentasi materi pertama, yaitu tentang bagaimana caranya membuat media pembelajaran yang kreatif. Materi ini disampaikan oleh kak Loiza Susilo dari Indonesia Mengajar.

Setelah sholat Ashar, para peserta dipersilahkan untuk membuat media pembelajaran. Media pembelajaran berupa dongeng, cerdas cermat, treasure hunt, dll. Setiap kelompok mendapat media pembelajaran yang berbeda.

Acara dilanjutkan dengan presentasi materi kedua, yang disampaikan oleh perwakilan dari altru.id. Ada dua topik yang dibahas. Yang pertama adalah bagaimana cara mengajar yang baik. Poin poin yang dibahas adalah 7 hal yang harus dimiliki pengajar, metode pembelajaran apa yang paling optimal untuk anak anak, dan juga mengenai kelainan otak / psikologis yang mungkin dipunyai anak anak dan cara mengatasinya.

Yang kedua mengenai neuron. Yang dibahas adalah bagaimana cara sel syaraf bekerja, bagaimana hubungan antara neuron dan daya penyerapan anak anak.

Penyampaian Materi

Setelah penyampaian materi kedua, diadakan sesi mentoring sejenak. Peserta kemudian dipersilahkan untuk beristirahat.

Pada hari kedua, rangkaian pertama yang dilakukan peserta adalah simulasi. Media pembelajaran yang telah dirancang pada hari Sabtu disampaikan kepada 35 anak SD di lingkungan sekitar. Semua anak yang mengikuti kegiatan terlihat sangat senang dan antusias.

Simulasi

Simulasi

Setelah itu, simulasi para peserta di review. Peserta kemudian dipersilahkan untuk pulang.

 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X