Struktur Organisasi

Pengurus Inti

Pengurus Inti adalah pengoordinasi utama BEM Fasilkom UI yang berisi ketua, wakil ketua, koordinator bidang, kepala kontrol Internal, controller, dan treasurer.

Keuangan

Keuangan adalah bagian yang bertanggung jawab atas alur masuk dan keluar keuangan, anggaran, dan manajeman uang di BEM Fasilkom UI.

Kontrol Internal

Kontrol Internal bertugas mengawasi dan mengevaluasi kegiatan yang dilakukan oleh semua biro dan departemen yang ada di BEM Fasilkom UI. KI akan memastikan program kerja yang dilakukan  BEM Fasilkom UI bermanfaat  dan sesuai tujuan yang dicita-citakan oleh biro dan departemen dalam BEM Fasilkom UI. KI bersama BPH BEM Fasilkom UI juga akan merumuskan kebijakan strategis yang perlu dilakukan oleh BEM Fasilkom UI. Program utama KI adalah bidding proker departemen/biro, bidding kepanitiaan open tender, KI awards, dan evaluasi paruh waktu biro/departemen.


Bidang Keuangan

Biro Bisnis dan Kemitraan

Biro Bismit adalah biro yang bertugas untuk menunjang internal BEM Fasilkom UI dari segi finansial yaitu dengan mencari sumber dana potensial dari usaha dan bisnis yang memanfaatkan Teknologi Informasi maupun non-TI.  Selain itu, Bismit juga menjalin kemitraan dengan pihak di luar BEM Fasilkom UI untuk memenuhi kebutuhan internal BEM dan mendukung berjalannya usaha bisnisnya. Bismit merupakan biro yang menjadi wadah bagi mahasiswa Fasilkom UI yang berjiwa entrepreneur.


Bidang Internal

Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia

Biro PSDM merupakan biro yang berperan dalam mengembangkan potensi dan interpersonal skill BEM Fasilkom UI. Selain itu juga, biro ini ditantang untuk membuat acara-acara seru yang dapat mempererat dan menjaga kekeluargaan BEM Fasilkom UI 2017!

Biro Kesekretariatan

Biro Kestari merupakan biro yang akan bertanggung jawab akan kestrukturan dan kerapian hal kesekretariatan BEM. Biro ini ditantang untuk memastikan hitam diatas putih yang ada di BEM Fasilkom UI dan menjaga kenyamanan ruang BEM Fasilkom UI 2017  .

Biro Pengembangan Teknologi Informasi

Biro PTI merupakan biro yang akan menjadi juru handal BEM dalam menerapkan teknologi informasi di lingkungan BEM dan Fasilkom. Biro ini ditantang untuk dapat menciptakan teknologi-teknologi yang dapat memecahkan masalah BEM Fasilkom UI 2017.


Bidang Sosial dan Politik

Departemen Kajian dan Aksi Strategis

Departemen Kastrat merupakan sebuah departemen yang berperan sebagai motor penggerak dalam pergerakan mahasiswa Fasilkom UI. Departemen ini berorientasi pada kajian yang kreatif dalam membumikan isu, serta responsif terhadap berbagai gerakan dan tindakan nyata sebagai bentuk kontribusi serta penyikapan terhadap isu-isu sosial dan politik yang berkembang pada tingkat fakultas, universitas, nasional, maupun internasional.

Departemen Pengabdian Masyarakat

Departemen Pengmas merupakan sebuah departemen yang memiliki kewajiban untuk peduli, cepat tanggap, solutif dan aktif terhadap isu sosial masyarakat serta menjadi agen dalam menimbulkan rasa peduli serta tanggap mahasiswa Fasilkom UI terhadap isu sosial masyarakat dalam tingkat fakultas, universitas ataupun nasional.


Bidang Kesejahteraan Masyarakat

 

Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

Departemen Adkesma merupakan sebuah departemen yang bertugas untuk membantu mahasiswa Fasilkom UI dalam advokasi mengenai fasilitas, akademis dan finansial untuk memenuhi kesejahteraan serta cepat tanggap terhadap permasalahan yang terdapat pada mahasiswa Fasilkom UI.

Departemen Akademis dan Kepemimpinan

Departemen Akpem merupakan sebuah departemen yang bertugas untuk memberikan edukasi mengenai kehidupan pasca kampus, membantu meringankan akademis mahasiswa Fasilkom UI dan memelopori jiwa kepemimpinan mahasiswa Fasilkom UI.


Bidang Relasi

Biro Hubungan Masyarakat

Biro Humas merupakan wajah dari BEM Fasilkom UI yang akan merepresentasikan BEM di mata Fasilkom dan masyarakat luas. Tidak hanya itu, Biro Humas juga merupakan penghubung antara BEM dan pihak eksternal baik yang di dalam maupun di luar Fasilkom.

Biro Media

Media 2017

Biro Media bertugas untuk mengelola informasi yang masuk dan keluar dari BEM Fasilkom dalam bentuk cetak maupun elektronik, membantu bidang lain dalam memberikan sarana penyaluran informasi dan publikasi, serta melakukan rekam jejak kegiatan BEM Fasilkom UI.


Bidang Minat dan Bakat

Departemen Pendidikan dan Keilmuan

Departemen yang berperan aktif dalam memfasilitasi, mendukung, serta mewadahi minat dan bakat mahasiswa Fasilkom di bidang Keilmuan. Departemen Keilmuan memiliki berbagai macam program kerja seperti Info Kompetisi, Dekan Cup, Newbie Cup, Sosialisasi PKM, Fasilkom to PIMNAS,  mengharumkan nama baik Fasilkom dalam Olimpiade Ilmiah UI,PIMNAS dan acara-acara bertemakan keilmuan lainnya.

Departemen Olahraga

Departemen yang berjuang untuk memfasilitasi, mendukung, dan mewadahi minat dan bakat mahasiswa Fasilkom di bidang olahraga. Untuk mendukung hal tersebut, Departemen Olahraga memiliki berbagai macam program kerja seperti Unit Kegiatan Olahraga (UKOR), Komunitas Olahraga, Dekan Cup, CS League, Mengharumkan nama baik Fasilkom dalam Olimpiade UI dan kompetisi serta acara-acara bertemakan olahraga lainnya.

Departemen Seni Budaya

Departemen yang senantiasa memfasilitasi, mendukung, serta mewadahi minat dan bakat mahasiswa Fasilkom di bidang seni dan budaya. Departemen Seni Budaya memiliki berbagai macam program kerja seperti Unit Kegiatan Fakultas (UKF Seni), Musik Kantin, Computers Get Together, Dekan Cup, Newbie Cup, Gelar Karya, Mengharumkan nama baik Fasilkom dalam perlombaan seni se-UI yaitu UI Art War dan acara-acara betemakan seni lainnya.

X